CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Kamis, 17 Januari 2008

Rokok itu.....?


Merokok berbahaya bagi kesehatan. Semua orang pasti setuju dengan pernyataan ini , termasuk para pecandu rokok sekalipun . Tapi mengapa para perokok TETAP MEROKOK ? Buktinya suatu saat Q pernah diajak untuk nyoba rokok , terus Q nolak . Trus dia bilang . Bencong loe , bencong ae ngrokok . Hah ???? ( Dalam hati ) . Trus Q tanya . Kbanyakan ngrokok nanti bayaha lho . Katanya : Ga penthing , yg penting gaul . Ga kayak km , kalah ma bencong ! Q berpikir , Aku atau dia yang salah ya ?



Berikut ini adalah fakta-fakta yang mengungkapkan tentang bahaya rokok bagi kesehatan, yang dapat anda temukan pula dengan lebih lengkap di www.umm.edu, www.man-health-magazine-online.com, www.hazards.org, dan www.medindia.net.
1.Asap rokok mengandung lebih dari 4,000 jenis bahan kimia, yang 43 diantaranya diketahui sebagai bahan kimia penyebab kanker. Beberapa bahan kimia tersebut terdapat pula pada racun serangga DDT, arsen, racun tikus, pelitur kayu dan pembersih cat kuku.
2.Environmental Protection Agency (EPA) atau badan perlidungan lingkungan Amerika mengkelompokkan asap rokok sebagai bahan kimia yang bersifat karsinogen (penyebab kanker) kelas A, yang di dalamnya terdapat pula asbes, arsen, benzene dan gas radon.
3.Asap rokok juga menjadi penyebab timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, penyakit hati, hipertensi, stroke, kanker mulut, kanker pankreas, kanker kantung kemih, penyakit ginjal dan infeksi telinga.
4.Secara rata-rata merokok dapat mengurangi angka harapan hidup selama 15 tahun dan jumlah kematian akibat kanker 2-4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Racun pada Rokok
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Efek Racun
Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):
14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
4x menderita kanker esophagus
2x kanker kandung kemih
2x serangan jantung
Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
Batas Aman
Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.
TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK

Fakta-fakta di atas merupakan alasan-alasan kuat untuk berhenti merokok sekarang. Bagaimana dengan kamu ?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Perokok itu hatinya sudah "tergadai, terjajah" sehingga info apapun nggak ngaruh